Jumat, 23 November 2012

AIDA (Attention Interest Disire Action)

KOMUNIKASI PENDEKATAN DAN PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF : 

KOMUNIKASI PENDEKATAN DAN PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF OLEH : KELOMPOK III

DEFENISI : 

DEFENISI Komunikasi adalah proses penyampaian pesan oleh komunikator kepada komunikan melalui media yang menimbulkan efek tertentu

Slide 3: 

Komunikasi adalah proses penyampaian pikiran atau perasaan oleh seseorang (komunikator) kepada orang lain yang berupa gagasan, opini, informasi, dan lain-lain yang muncul sehingga dalam proses pembelajaran, salah satu bentuk komunikasinya adalah guru sebagai komunikator kepada siswanya.

Slide 4: 

Menurut A.S Achmad (1992:2) bahwa kegiatan pembelajaran adalah salah satu bentuk proses komunikasi sebagai mata rantai hubungan antara sesama manusia, ia meliputi segala apa yang dilakukan misalnya pendidikan dan pembelajaran khususnya komunikasi antara guru dan murid.

Slide 5: 

Pembelajaran atau instruksional menurut Pawit M. Yusuf (1990:4) bahwa instruksional berasal dari kata instruction, artinya pembelajaran atau pengajaran. Pembelajaran sebagai salah satu bentuk proses komunikasi dimana guru (dosen) sebagai komunikator, materi kuliah sebagai pesan media yang digunakan sebagai saluran, siswa (mahasiswa) sebagai komunikasi dan hasil belajar sebagai efek.

UNSUR-UNSUR KOMUNIKASI : 

UNSUR-UNSUR KOMUNIKASI Komunikator Pesan Media Komunikan Efek

TUJUAN KOMUNIKASI : 

TUJUAN KOMUNIKASI Tergantung pada medan komunikasi yang disentuhnya. Misalnya: Komunikasi instruksional mempunyai tujuan interaksi edukatif di pihak sasaran (komunikan). Komunikasi pembangunan bertujuan agar tercapai masyarakat adil dan makmur melalui pemerataan informasi yang bersifat membangun, demikian pula komunikasi lainnya akan mempunyai tujuan sendiri-sendiri.

PENDEKATAN KOMUNIKASI : 

PENDEKATAN KOMUNIKASI Pendekatan secara ontologis (apa itu komunikasi) Pendekatan aksiologis (bagaimana berlangsungnya komunikasi yang efektif) Pendekatan epistemologis (untuk apa komunikasi itu dilaksanakan)

HAL-HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN SAAT PROSES INFORMASI UNTUK KOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAN : 

HAL-HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN SAAT PROSES INFORMASI UNTUK KOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAN hal yang akan disampaikan sampai kepada penerima tanpa ada pembiasan isi (subject = outcome) hal yang akan disampaikan setingkat dengan kemampuan siswa dalam menelaah (tingkat intelegensi siswa, pengalaman-pengalaman yang pernah didapat)

Slide 10: 

siswa terikat secara aktif dalam proses belajar dengan cara menghubungkan apa yang mereka dapat sebelumnya dengan hal baru yang akan disampaikan siswa diminta menunjukkan kemajuan sehingga pencapaiannya dapat dianalisis, umpan balik mendapat respon sehingga terlihat jelas sukses dalam usahanya, dan siswa diberi waktu luang yang cukup untuk berlatih dengan kondisi beragam untuk meyakinkan proses retensi dan tranfer yang sedang terjadi.

Dalam pembuatan dan pengelolahan pesan menurut Rhenald Kasali (Prayitno S, 1995:50), kita harus memperhitungkan dan memperhatikan faktor-faktor yang dikenal dengan AIDCA yaitu: : 

Dalam pembuatan dan pengelolahan pesan menurut Rhenald Kasali (Prayitno S, 1995:50), kita harus memperhitungkan dan memperhatikan faktor-faktor yang dikenal dengan AIDCA yaitu: Attention (perhatian), Interest (minat), Desire (kebutuhan/keinginan), Conviction (rasa percaya) Action (tindakan).

KOMUNIKASI YANG EFEKTIF : 

KOMUNIKASI YANG EFEKTIF komunikasi dapat dipandang baik atau efektif sejauh ide, informasi, dan sebagaimana dimiliki bersama oleh, atau mempunyai kebersamaan arti bagi orang-orang yang terlibat dalam perilaku komunikasi tadi (Fisher (1998:11) )

Slide 13: 

Artinya Secara umum suatu komunikasi dapat dikategorikan berlangsung dengan efektif bila ide atau informasi yang disampaikan oleh pemberi pesan (komunikator), dipahami oleh penerima pesan (komunikan) sesuai dengan pemahaman pemberi pesan, ide atau informasi yang disampaikan tersebut.

PEMBELAJARAN : 

PEMBELAJARAN Pembelajaran yang Aktif Kreatif Efektif dan Menyenangkan (PAKEM/Joyful LEARNING) Multi Metode, Multi Media Praktek dan Bekerja dalam Tim Memanfaatkan Lingkungan Sekitar Di Dalam dan di Luar Kelas Multiaspek (logika, praktika, etika)

PAKEM : 

PAKEM P = Pembelajaran A = Aktif K = Kreatif E = Efektif M = Menyenangkan

PENDIDIKAN BAGI SISWA : 

PENDIDIKAN BAGI SISWA Apa yang dilihat, didengar, dirasakan, dialami, setiap detik, setiap hari sepanjang tahun. Semua itu akan mempengaruhi perkembangan jiwanya dan membentuk karakter dan sikapnya kelak.

Cooperative learning(Pembelajaran Kooperatif) : 

Cooperative learning(Pembelajaran Kooperatif) Positive Interdependence Face to face interaction Individual Accountability Collaborative Skill/Social Skills Group Processing

Slide 18: 

Saling Berinteraksi Saling membantu Semua saling berbicara Asyik dengan apa yang dikerjakan Berbagi materi Saling bertanya/ menjawab

Pendekatan Keterampilan Proses : 

Pendekatan Keterampilan Proses Dasar pengamatan klasifikasi komunikasi pengukuran prediksi inferensi Terpadu identifikasi variabel susun tabel data deskripsi hubungan antar variabel perumusan hipotesis definisi hipotesis definisi variabel secara operasional eksperimen

APA YANG DIMAKSUD DENGANPEMBELAJARAN MENGGUNAKANPENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES ? : 

APA YANG DIMAKSUD DENGANPEMBELAJARAN MENGGUNAKANPENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES ? Proses pembelajaran yang dirancangsedemikian rupa sehingga siswa dapatmenemukan fakta-fakta, membangunkonsep-konsep dan teori-teori denganketerampilan proses dan sikap ilmiahsiswa sendiri.

Problem-Based Learning : 

Problem-Based Learning pemecahan masalah nyata proyek (berkelompok) berdiskusi masalah membuat penyataan/hipotesa mencari data/informasi diskusi?cari info? lapor diskusi penutup? solusi waktu banyak


sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar