Minggu, 06 Mei 2012

PSSI Diminta Bayar Rp50 Juta kepada Persipura

Gugatan Persipura Jayapura terhadap PSSI dan klub asal Australia, Adelaide United telah resmi dihentikan oleh pengadilan arbitrase olahraga dunia (CAS). Dalam keputusannya, CAS juga meminta PSSI membayar ganti rugi kepada Persipura dan Adelaide.

Dalam surat keputusan tertanggal 27 April 2012 yang ditandatangani Presiden QC, Romano Subiotto itu juga disebutkan, jumlah uang yang harus dibayar PSSI kepada kedua klub itu adalah masing-masing 5 ribu franc Swiss atau setara dengan Rp50 juta.

Selain PSSI, Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) juga bernasib sama. AFC juga diminta untuk membayar ganti rugi terhadap Persipura Jayapura dan Adelaide United masing-masing Rp50 juta.

Sementara itu, mengenai biaya persidangan yang harus dibayarkan kepada CAS masih akan dikalkulasi. Biaya ini akan ditanggung oleh pihak-pihak yang bertikai dengan pembagian masing-masing sebesar 40 persen untuk PSSI, AFC (40 persen), Persipura (10 persen), dan Adelaide United (10 persen).

"Kami seperti mendapatkan durian runtuh. Padahal, kami telah mencabut gugatan kepada AFC dan PSSI Djohar. Namun, mereka terus melanjutkan perkara ini. Kami mencabut keputusan karena sudah bermain di playoff ACL," kata Ketua Harian Persipura, La Siya.

"Kami masih menunggu lawyers kami untuk mem-follow up-nya. Baik PSSI Djohar dan AFC harus membayar sejumlah uang kepada Persipura masing-masing 5 ribu franc Swiss. Jadi, jumlah yang kami terima 10 ribu franc Swiss," beber La Siya.

Meski berstatus sebagai juara Liga Super Indonesia (ISL) musim lalu, Persipura justru sempat dicoret dari peserta playoff karena dilaporkan PSSI sebagai klub yang mbalelo kepada AFC.

Tidak terima dengan keputusan ini, Persipura lalu menempuh jalur peradilan arbitrase olahraga internasional. Lewat keputusan sela, CAS memenangkan Mutiara Hitam dan meminta AFC agar mengembalikan hak Persipura untuk tampil di babak playoff.

AFC tunduk pada keputusan CAS dan menetapkan jadwal playoff melawan Adelaide. Di tengah keterbatasan waktu, Persipura pun berusaha mempersiapkan tim sebaik-baiknya. Sayang, di babak playoff, Mutiara Hitam harus menyerah dengan skor 0-3 dari Adelaide.

Persipura kemudian memutuskan mencabut gugatannya di CAS. Langkah ini dilakukan agar tidak membebani kepengurusan PSSI yang terbentuk lewat Kongres Luar Biasa (KLB), Jakarta, 18 Maret lalu.





 http://bola.vivanews.com/news/read/310976-pssi-diminta-bayar-rp50-juta-kepada-persipura

Tidak ada komentar:

Posting Komentar